Program Dharmajala adalah sebuah program untuk belajar, berlatih, dan berbagi Hidup Berkesadaran dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual, yaitu sesuai dengan realitas politik, sosial, budaya, ekonomi, teknologi, dan ekologi kehidupan kita saat ini guna memfasilitasi terjadinya Transformasi Diri, Transformasi Sosial, dan Pelestarian Lingkungan Hidup yang membawa pada penyembuhan dan pembebasan multi dimensi (diri, keluarga, komunitas, masyarakat, bangsa dan negara, dan bahkan dunia) dengan berlandaskan pada inti sari ajaran Buddha yaitu menyadari apa yang sesungguhnya sedang terjadi saat ini di dalam maupun di luar diri kita.

                                      

Program Dharmajala menyediakan empat jenis latihan berkesinambungan bagi peserta yang mengikutinya, yaitu latihan pribadi harian, latihan kelompok kecil, latihan kelompok besar, dan latihan di masyarakat.  Program berkesinambungan ini secara spesifik ditujukan kepada individu-individu (dan kelak, organisasi dan komunitas) yang mau berubah dan mengubah.

 

Program Dharmajala yang bertujuan untuk memfasilitasi peserta melangkah dari pandangan keliru ke pandangan benar dibagi ke dalam empat jenjang yaitu Dharmamitra, Dharmadasa, Dharmawira, dan Dharmacari. Saat ini jenjang pertama, yaitu Dharmamitra, telah berjalan. Adapun programnya meliputi lima sub-program, yaitu:

 

1.       Komunitas Praktik Dharmajala (KPD)

2.       KPD Gathering (Latihan dalam kelompok besar yang melibatkan beberapa KPD, untuk mempererat tali persahabatan dan persaudaraan antar KPD).

3.       Retret

4.       Diklat

5.       Aksi Lapangan

 

Retret, Diklat, dan Aksi Lapangan selain untuk meningkatkan kualitas para anggota yang telah tergabung dalam KPD, juga merupakan pintu-pintu masuk bagi calon anggota untuk akhirnya dapat mengikuti kelima sub-program Dharmajala secara utuh.

 

Untuk melengkapi kelima sub-program tersebut ditambahkan program suplemen berupa: Seri kaset/VCD/DVD, buku, dan berbagai pertemuan serta sarana pendukung lainnya seperti milis dan website.